Tuesday, June 28, 2011

Tips Merawat dan Menggunakan Komputer/Laptop

Yap, Laptop sekarang bukan barang asing dan mungkin bukan lagi barang mewah buat mahasiswa. Tapi, kalau diliat-liat banyak diantara para pemakai laptop yang menggunakannya dengan kurang wajar. Alhasil, banyak yang minta instal ulang, minta tolong cek kena virus atau enggak, dan lain-lain. Saya akan memberikan sedikit tips, tapi ya ini sih pendapat saya aja. Jadi kalau ada yang kurang berkenan, silahkan dikoreksi atau ditanggapi.

  1. Hal yang paling fundamental sebelum menggunakan laptop adalah membaca BASMALAH.
    J
  2. Jika Anda memiliki HD (Hard Disk) dengan kapasitas besar, buatlah PARTISI, yaitu untuk System dan untuk Data. Mengapa? Agar saat instal ulang data Anda tidak terhapus.
  3. Lakukan DEFRAGMENT secara berkala. Untuk apa sih? Jika Anda memiliki banyak file dalam HD Anda, ini akan berguna untuk mengisi ruang kosong pada struktural disk Anda karena secara mikroskopis isi dari disk tersebut bisa dibilang berlubang sehingga perlu ada pemadatan, yaitu dengan cara Defragmentasi sehingga kinerja HD lebih optimal. CMIIW.
  4. Lakukan DISK CLEANUP pada Drive System (biasanya C:\), jika dibutuhkan karena dalam Windows biasanya setiap kita membuka sesuatu akan terdapat temporary files, atau hal lain yang mungkin tidak lagi Anda gunakan. Jika dibiarkan hal ini akan memakan HD Anda. Langkah ini dapat membantu membersihkan file-file yang tak berguna tersebut.
  5. Selalu UPDATE antivirus Anda ataupun OS Anda, karena sebaik-baiknya antivirus dan OS adalah yang sering di update. J
  6. BERSIHKAN laptop Anda dari serpihan debu, atau hal lain yang membuat kotor.
  7. Jika Anda sedang men-charge laptop, disarankan untuk tidak menggunakannya agar pengisian lebih optimal dan cepat.
  8. CHARGE-lah laptop Anda sampai baterai benar-benar terisi penuh dan jangan setengah-setengah dan juga OverCharge. Tapi kalau tidak salah baterai laptop sekarang (saya pakai Acer Timeline 4810T), dia akan berhenti melakukan charge, jika sudah benar-benar terisi penuh meskipun adapter masih menempel di laptop. CMIIW.
  9. Jika ada hal lain yang Anda ragu untuk mengatasinya, TANYAKAN pada yang berwenang dan memiliki ilmu pada bidangnya.

Kalau masih ada yang kurang dari penjabaran diatas, ada yang salah, ada yang perlu ditanggapi, komentar Anda sangat dinantikan.

Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat. J

No comments:

http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews