Friday, November 30, 2012

Konfigurasi VPN di Ubuntu

Sekilas tentang VPN :
VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat “private” dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet. VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point. Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan.
Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut “tunneling”.
Anda dapat mengakses server kantor melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan “dedicated,” padahal tidak demikian kenyataannya.
Setting Koneksi VPN Pada Ubuntu 9.10
Untuk melakukan koneksi VPN pada Ubuntu 9.10 ikuti langkah-langkah berikut ini :
Contoh Kasus :
- VPN Gateway : 10.14.203.5
- Nama VPN : IT Telkom ( Pemberian nama koneksi bebas, terserah pada anda )
1. Lakukanlah penginstalan pptp-linux dengan cara :
- Menggunakan Terminal : Bukalah terminal ( Application -> Accessories -> Terminal ) dan ketikan : sudo apt-get install pptp-linux
- Menggunakan Ubuntu Software Center : Bukalah Ubuntu Software Center ( Application -> Ubuntu Software Center ) lalu ketikan pptp pada search box yang ada pada sudut kanan atas dan klik panahnya unutk memulai mendownload.
2. Setelah pptp terinstall sekarang pastikanlah anda sudah terhubung pada jaringan wireless
3. Jika anda sudah terhubung pada wireless lakukanlah penyetingan VPN dengan cara membuka Network Connections ( System -> Preferences -> Network Connections )
4. Ketika Network Connections sudah terbuka, pada tab VPN klik tombol Add
5. Lalu masukanlah Nama Koneksi, Gateway, Username, dan Password lalu tekan Apply
6. Konfigurasi VPN pun sudah anda buat, sekarang anda tinggal melakukan koneksi VPN dengan cara :
- Klik Icon Sinyal yang ada pada Tray, maka dropdown menu akan muncul.
- Lalu arahkan mouse cursor anda pada VPN Connections dan klik lah nama koneksi VPN yang baru saja anda buat tadi, kali ini nama koneksi VPN yang saya buat adalah IT Telkom.
- Jika anda berhasil melakukan koneksi maka pada Icon signal anda akan ada keterangan VPN Connection IT Telkom Active.
Selamat Mencoba ^_^ ~ !!

No comments:

http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews