Tuesday, December 11, 2012

Kiat Sukses Usaha Donat



·      - Niat kuat, upaya giat, dan tidak takut gagal. Jadi, beranilah untuk memulai, jangan hanya menjadi angan-angan.
·        - Jangan campurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi anda. Sejak dimulainya usaha, buatlah semacam pembukuan sederhana, rapi, dan mudah dipahami untuk mengetahui jalannya usaha anda. Catat semua pemasukan (uang pembayaran dari pelanggan) dan pengeluaran.
·    - Jika terjadi kerugian, jangan buru-buru menutup usaha anda. Pelajarilah melalui buku keuangan tersebut, apa kiranya yang membuat usaha anda merugi. Bisa jadi karenacara belanja bahan yang tidak cermat, tenaga yang kurang efisien, atau cara berjualan yang ‘kurang gencar’. Dari sini, anda bisa membetulkan kesalahan-kesalahan yang terjadi, lalu mulai lagi dengan cara-cara yang lebih tepat.
·      - Jaga konsistensi kualitas donat anda. Usahakan selalu dalam keadaaan baru, tidak keriput. Dan jangan lupa, buat donat anda lebih bervariasi dengan banyak pilihan topping dan isi untuk menarik minat pembeli. Buat donat tidak hanya dengan bahan dasar tepung terigu, tetapi juga dari bahan utama jagung, ubi, kentang, atau ketan hitam.
·        - Pelajari pesaing anda atau penjual snack sejenis agar bisa menentukan strategi dan ukuran usaha yang akan dibuat. Pantau harga yang mereka tetapkan. Selanjutnya, tekan margin keuntungan sedemikian rupa hingga harga donat anda dapat bersaing dengan kualitas yang tetap terjaga.
·        -  Kemas donat denga kemasan yang menarik. Sediakan pula hiasan cantik untuk pembeli ‘paket’. Buat wadah dengan tutup tembus pandang, misalnya terbuat dari mika hingga kecantikan donat langsung tampak tanpa membuka kemasannya. Tentu saja harga kemasan ini dimasukkan ke dalam biaya produksi.
·        -  Untuk pesanan-pesanan khusus atau layanan antar, jaga ketepatan waktu. Keterlambatan mengurangi kepercayaan pelanggan, bahkan bisa berarti anda kehilangan pelanggan. Demikian juga untuk titip – jual  ke warung atau toko -  toko kue, usahakan tepat waktu sehingga pelanggan tahu setiap pukul berapa donat anda tersedia.
·         - Beri bonus atau diskon khusus bagi pelanggan setiaa anda yang memesan secara rutin, misalnya sekolah, perkantoran, dan organisasi.

No comments:

http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews