Tuesday, December 11, 2012

Contoh Kardinalitas dan pengertian key pada Matematik Diskrit


A.      KARDINALITAS
1.      ONE TO ONE (1-1) = Satu entity yang berhubungan dengan satu entity yang lain, dengan menghasilkan sebuah 1 data yang berhubungan. Contoh : 1 komputer hanya dapat memiliki 1 mac address yang berbeda dengan yang lain.
2.      ONE TO MANY (1-N) = Satu entity yang berhubungan dengan minimal dua entity atau lebih, yang menghasilkan sebuah entity yang dapat digunakan oleh banyak. Contoh : 1 printer dapat di sharingkan dengan beberapa computer yang terkoneksi pada jaringan.
3.      MANY TO ONE (N-1) = Dua atau beberapa entity yang saling berhubungan dengan maksimum satu entity yang di inginkan. Contoh : Beberapa jenis Operating System dapat di instalkan pada 1 komputer.
4.      MANY TO MANY (N-N) = Dua atau beberapa entity yang berhungan kembali dengan dua atau beberapa entity yang lain. Contoh : Sekian banyak mahasiswa poltek, terdapat beberapa mahasiswa dari daerah lain.
B.      Super Key, Candidate Key, Primary Key, and Foreign Key
1.       



Super key adalah Satu atribut yang secara unik mengidentifikasi sebuah tuple di dalam relasi. Contoh :
2.       



Candidate key adalah Satu atribut minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari entitas. Contoh :
3.       



Primary Key adalah Satu atribut yang tidak hanya mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian daru suatu entitas. Contoh :
4.       



Foreign Key adalah Atribut dengan domain yang sama yang menjadi kunci utama pada sebuah relasi tetapi pada relasi lain atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa. Contoh :

No comments:

http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews