Thursday, October 18, 2012

Amankan USB dengan BitLocker Drive Encryption


BitLocker adalah salah satu fitur keamanan di Windows 7 (Ultimate dan Enterprise Edition) yang cukup reliable. Apa sih makhluk ini?! BitLocker berfungsi untuk mengamankan data yang di simpan di dalam media penyimpanan baik Hardisk maupun USB, yaitu dengan cara mengenkripsinya dengan sebuahpassword. Dalam kasus ini saya ambil contoh bagaimana cara BitLocker bekerja pada USB. Mulai aja deh.
Untuk mengaktifkan BitLocker, cukup buka Window Explorer -> klik kanan pada Removable Drive Anda.
clip_image002
Nah, jika pilihan Turn on BitLocker tidak muncul, coba lakukan langkah berikut.
  • Buka Start Menu > Control Panel > System and Security > BitLocker Drive Encryption
clip_image004
  • Akan muncul sebuah jendela, seperti gambar berikut.
clip_image006
  • Pada pilihan BitLocker Drive Encryption To Go, terlihat bahwa removable media dalam keadaan off. Klik Turn On BitLocker, sehingga muncul jendela baru dimana kita disuruh untuk memasukkan password sebelum mengenkripsi USB kita.
clip_image008
  • Klik Next. Lalu, muncul pilihan agar kita menyimpan recovery key/ mencetak recovery key.Recovery key berfungsi apabila kita lupa password yang kita masukkan dan kita ingin mengakses USB kita. Untuk hal ini, pilihan terserah Anda. Klik Next – Start Encrypting.
clip_image009
  • Tunggu hingga proses encrypting selesai.
Untuk mencoba apakah BitLocker ini berjalan, silahkan cabut USB Anda, lalu sambungkan lagi dengan PC. Jika berhasil akan muncul jendela berikut.

No comments:

http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews