Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan
kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern
dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok
untuk arti luas seperti komputer adalah yang memproses informasi atau
sistem pengolah informasi.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus
yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika
mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang
membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa,
dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat
apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan
kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa
meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan
(meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan
ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer maksud umum dari
alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari maksud umum bisa
diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru
Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai
Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di
tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah
perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer Benam
Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat rumah tangga, khususnya
termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon
genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga,
industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit
elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di
atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat
secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah
program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal
sebagai mikrokontroler atau komputer benam (embedded computer). Oleh
karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang
maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian
dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau
pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai
tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan
komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi
ini.
Komputer Pribadi
Komputer Pribadi
Akhirnya, banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lain
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjuk kepada komputer
pribadi (PC).
Bagaimana Komputer Bekerja
Bagaimana Komputer Bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah
perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer
kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di
awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian
utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, bus
Memori
Memori
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti sel
atau lubang burung dara), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin
berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja
kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70
(atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video,
dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali memori
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat
dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah
berubah secara hebat dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi
dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk,
sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu
dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan
untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan
informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi
melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC
Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan
aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis
(AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan
isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan
kerja yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali
informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu,
dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang
terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya
ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah
berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
Instruksi
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas tidak adalah perintah kaya bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel
456, menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013,
dan jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor kode untuk
menyalin mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus
yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa
mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan
kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa
mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa
seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail
pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu
sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu
yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga
listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di
satu hal utama mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang
bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana.
Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan,
hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang
sampai komputer dimatikan.
Program
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer
berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang
kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003)
bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer
tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah
sederhana yang diatur oleh orang pandai, programmer. Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain. Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih
ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film
adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang
berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer
akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode
(driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
Penggunaan Komputer
Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar,
sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS
semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk
persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk
melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan
ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan
melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer
pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat
penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan
hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis,
misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat
selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka
bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar
dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai
komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas
yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia misalnya, memelihara dan
memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di
berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri.
Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi
yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan
amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya
dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan
komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai
perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin
menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak
tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen.
Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet,
berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas
komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk
banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram,
mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah,
mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor
benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan
kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan
anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan
alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan
batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur
meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Kata Komputer
Kata Komputer
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang agak berbeda
pada kata komputer, dan beberapa kata berbeda untuk hal kami sekarang
biasanya disebut komputer.
Misalnya computer secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud
orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau
tanpa mesin membantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai
kata bagi orang yang menghitung dan lalu menjelang 1897 juga untuk alat
hitung mekanis. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada
para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan
jalan artileri perang besar dengan mesin seperti itu.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin menghitung pertama
disebut Mesin Analitikal, tetapi karena masalah teknologi tidak dibuat
seumur hidupnya. Berbagai alat mesin yang sederhana seperti slide rule
baik juga sudah menyebut komputer. Di beberapa kasus mereka diserahkan
ke sebagai komputer analog, sewaktu mereka melambangkan nomor oleh
continuous kuantitas-kuantitas fisik daripada di samping digit biner
yang berlainan. Apa sekarang menyebut komputer saja secara umum pernah
menyebut komputer digital untuk membedakan mereka dari alat lain ini
(yang masih dipakai di bidang analog pengolahan tanda, misalnya).
In yang memikirkan kata lain untuk komputer, itu ialah harga
mengamati bahwa di bahasa lain kata yang dipilih selalu tidak mempunyai
arti harfiah sama sebagai kata Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Perancis
misalnya, kata ialah ordinateur, yang berarti kira-kira organisator,
atau memisahkan mesin. Pada bahasa Spanyol digunakan kata ordenador,
dengan arti sama, walaupun di beberapa negara mereka menggunakan
anglicism computadora. Dalam Bahasa Italia, komputer ialah calcolatore,
kalkulator, menekankannya computational menggunakan di balik yang logis
seperti penyortiran. Dalam Bahasa Swedia, komputer dipanggil dator dari
data. Atau paling tidak pada tahun 1950-an, mereka disebut
matematikmaskin (mesin matematika). Dalam Bahasa Tionghoa, komputer
dipanggil dien nau atau suatu otak listrik. Dalam Bahasa Inggris, kata
lain dan frase sudah bekas, seperti mesin pengolahan data.
Bagian-bagian Komputer
Bagian-bagian Komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar : Software/perangkat lunak dan hardware/perangkat keras.
Hardware
Hardware
* Prosesor, atau CPU unit yang mengolah data
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.
Software
* Sistem operasi : Program dasar pada komputer yang menghubungkan
pengguna dengan hardware komputer, seperti Linux, Windows, dan Mac OS.
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan
program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta
penginstalan dan pembuangan software.
* Program komputer, aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasinya
* Program komputer, aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
* ISA / PCI : Slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
* AGP / PCIe : Slot untuk masukan kartu tambahan grafis
* IDE / SCSI / SATA : Slot untuk harddrive/ODD
* USB : Slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
* AGP / PCIe : Slot untuk masukan kartu tambahan grafis
* IDE / SCSI / SATA : Slot untuk harddrive/ODD
* USB : Slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
No comments:
Post a Comment