Sunday, March 24, 2013

Soal dan Jawaban RPL (Rekayasa Perangkat Lunak))




1.       Apa yang dimaksud dengan PL?

Rekayasa Perangkat Lunak berasal dari 2 kata, yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa). Perangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu program atau sistem. Perangkat lunak tidak hanya dokumentasi terhadap source code tapi juga dokumentasi terhadap sesuatu yang dibutuhkan selama pengembangan, instalasi, penggunaan dan pemeliharaan sebuah sistem.
2.       Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang Rekayasa Perangkat Lunak (dengan menggunakan bahasa Anda sendiri)!

Rekayasa perangkat lunak adalah  suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

3.       Sebutkan faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya rekayasa perangkat lunak.

a. Ketidakmampuan organisasi untuk memprediksi waktu, usaha dan biaya pada pengembangan perangkat lunak.
b. Kualitas perangkat lunak yang diproduksi tidak baik (buruk).
c. Perubahan perbandingan harga perangkat keras dan perangkat lunak.
d. Meningkatnya peran penting dari pemeliharaan.
e. Kemajuan teknologi perangkat keras.
f. Kemajuan teknik perangkat lunak.
g. Kebutuhan yang meningkat terhadap perangkat lunak.
h. Kebutuhan akan perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks.


4.       Sebutkan tujuan dari RPL!

a. perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
b. dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya.
c. memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya.
d. biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya rendah, dalam arti efektif dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.
e. tepat waktu, baik saat pembuatan, penyerahan ke pemakai, maupun instalasinya.
f. setiap tahap pekerjaan terjamin kualitasnya, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (ada proses verifikasi dan validasi).

5.       Sebutkan karakteristik perangkat lunak!

a. Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
b. Reliable / Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
c. Efisien, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
d. Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan


Desain User Interface

Contoh Tugas Desain User Interface


Terima Kasih

Soal dan Jawaban Jarkom




Jelaskan Istilah-istilah dibawah ini
1.       ISP
2.       Hotspot
3.       Video Streaming
4.       Browsing
5.       Browser
6.       E-mail
7.       Ad-Hoc
8.       Remote Desktop
9.       Private Network

Jawaban
1.       ISP = INTERNET SERVICE PROVIDER sebuah perusahaan atau usaha di bidang pelayanan internet.
2.       Hotspot = Sebuah jaringan yang beradius pendek dengan menggunakan teknologi wifi.
3.       Video Streaming = Sebuah layanan/service yang di menyediakan live video yang terhubung pada sebuah jaringan tertentu.
4.       Browsing = Sebuah aktivitas yang di lakukan dalam penggunaaan internet.
5.       Browser = Sebuah aplikasi yang memudahkan user untuk dapat melakukan koneksi internet.
6.       E-mail = Sebuah surat elektronik yang dapat digunakan untuk mengirim lampiran dalam extensi apapun.
7.       Ad-Hoc = Sebuah service yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan utama wifi dengan sederhana.
8.       Remote Desktop = Layanan yang digunakan untuk melakukan monitoring pada pc yang terhubung pada jaringan yang berhubungan dalam 1 node.
9.       Private network = Sebuah jaringan yang memiliki ip private / jaringan yang berbasis local.
http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews