· -
Niat kuat, upaya giat, dan tidak takut
gagal. Jadi, beranilah untuk memulai, jangan hanya menjadi angan-angan.
· - Jangan campurkan keuangan bisnis dengan
keuangan pribadi anda. Sejak dimulainya usaha, buatlah semacam pembukuan
sederhana, rapi, dan mudah dipahami untuk mengetahui jalannya usaha anda. Catat
semua pemasukan (uang pembayaran dari pelanggan) dan pengeluaran.
· - Jika terjadi kerugian, jangan buru-buru
menutup usaha anda. Pelajarilah melalui buku keuangan tersebut, apa kiranya
yang membuat usaha anda merugi. Bisa jadi karenacara belanja bahan yang tidak
cermat, tenaga yang kurang efisien, atau cara berjualan yang ‘kurang gencar’.
Dari sini, anda bisa membetulkan kesalahan-kesalahan yang terjadi, lalu mulai
lagi dengan cara-cara yang lebih tepat.
· - Jaga konsistensi kualitas donat anda.
Usahakan selalu dalam keadaaan baru, tidak keriput. Dan jangan lupa, buat donat
anda lebih bervariasi dengan banyak pilihan topping
dan isi untuk menarik minat pembeli. Buat donat tidak hanya dengan bahan
dasar tepung terigu, tetapi juga dari bahan utama jagung, ubi, kentang, atau
ketan hitam.
· - Pelajari pesaing anda atau penjual snack
sejenis agar bisa menentukan strategi dan ukuran usaha yang akan dibuat. Pantau
harga yang mereka tetapkan. Selanjutnya, tekan margin keuntungan sedemikian rupa
hingga harga donat anda dapat bersaing dengan kualitas yang tetap terjaga.
· -
Kemas donat denga kemasan yang menarik.
Sediakan pula hiasan cantik untuk pembeli ‘paket’. Buat wadah dengan tutup
tembus pandang, misalnya terbuat dari mika hingga kecantikan donat langsung
tampak tanpa membuka kemasannya. Tentu saja harga kemasan ini dimasukkan ke
dalam biaya produksi.
· -
Untuk pesanan-pesanan khusus atau
layanan antar, jaga ketepatan waktu. Keterlambatan mengurangi kepercayaan
pelanggan, bahkan bisa berarti anda kehilangan pelanggan. Demikian juga untuk
titip – jual ke warung atau toko - toko kue, usahakan tepat waktu sehingga
pelanggan tahu setiap pukul berapa donat anda tersedia.
·
- Beri bonus atau diskon khusus bagi
pelanggan setiaa anda yang memesan secara rutin, misalnya sekolah, perkantoran,
dan organisasi.