Friday, November 30, 2012

Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Hilang

1. Pertama-tama kita harus mempersiapkan Ubuntu Live CD
2. Kemudian ubah pada BIOS, boot CD pada urutan pertama (first boot option)
3. Setelah masuk Live CD Desktop jalankan terminal dengan meng-klik menu Applications –> Accessories –> Terminal
4. Cek partisi Linux kita dengan menggunakan perintah berikut :
$ sudo fdisk -l
5. Setelah diketahui partisi Linuxnya kemudian lakukan mounting seperti berikut ini : (di misalkan partisi Linux adalah sda2)
$ mount /dev/sda2 /mnt
$ mount -t proc /proc /mnt/proc
$ mount -t sysfs sys /mnt/sys
$ mount -o bind /dev /mnt/dev
$ sudo chroot /mnt /bin/bash
6. sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR
$ grub-install /dev/sda
7. sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya (misalkan:/dev/sda2)
$ grub-install /dev/sda2
8. Jika tidak ada pesan error maka setelah reboot sistem, bootloader akan kembali seperti semula.
9. Saran saya setelah GRUB anda pulih silahkan ketik : sudo update-grub

Membaca Dari Sebuah File Menggunakan Java


import java.io.*;
class Baca{
public static void main(String args[]) throws IOException{
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));


String FileName;
FileInputStream fis = null;

System.out.print("\nMasukan nama file yang ingin dibaca : ");
FileName = br.readLine();

System.out.println("\nMembaca file "+FileName +" ...");
System.out.print("Isi dari file "+FileName +" adalah : ");
try {
fis = new FileInputStream(FileName);
} catch (FileNotFoundException ex) {
System.out.println("File tidak ditemukan ~ !!");
}
try {
char data;
int temp;
do {
temp = fis.read();
data = (char) temp;
if (temp != -1) {
System.out.print(data);
}
} while (temp != -1);
System.out.print("\n");
} catch (IOException ex) {
System.out.println("Error dalam membaca file ~ !!");
}
}
}

Penjelasan : Pada program ini saya menggunakan menggunakan class FileInputStream diamana salah satu constructor dari class ini adalah FileInputStream(String FileName) yang berfungsi untuk membuat koneksi ke file yang sebenarnya dimana FileName ditentukan sebagai sebuah argument. Selain itu sebuah FileNotFoundException diberikan ketika file tidak ada atau tidak dapat dibuka untuk dibaca. Sedangkan method read berfungsi untuk mengembalikan sebuah integer yang merepresentasikan pembacaan data dan mengembalikan sebuah nilai -1 ketika akhir dari file telah dicapai.
Hasil Outputan :

Membalik Kata Menggunakan Java


import java.io.*;
public class Reverse{
public static void main(String[] args) throws Exception{
BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));

String x;
int i;

System.out.print("\nMasukan kata yang ingin dibalik : ");
x = br.readLine();


System.out.print("Hasilnya adalah : ");
for(i=x.length()-1; i>=0; i--){
System.out.print(x.charAt(i));
}
System.out.print("\n");
}
}

Penjelasan : Untuk membalik suatu kata, langkah pertama yang dilakukan adalah membaca inputan user lalu dimasukan ke dalam variabel x. Selanjutnya program di atas akan melakukan looping mundur, dimana variabel i akan diisi oleh jumlah panjang kata. Langkah selanjutnya adalah menghasilkan outputan kata dari huruf yang paling akhir sampai huruf pertama, hal ini bisa terjadi karena program di atas melakukan looping mundur dengan memanfaatkan charAt() yang berfungsi untuk membaca kata per huruf

Algoritma Searching Menggunakan Java

Searching atau Pencarian merupakan kegiatan untuk menemukan atau mencari suatu data yang ditentukan di suatu tempat, apakah sesuai atau tidak. Searching mempunyai beberapa metode, salah satunya adalah metode pencarian beruntun atau disebut juga dengan Sequential Search yang akan saya implementasikan kali ini.
NB : Sequential Search adalah metode pencarian beruntun yang dimulai dari data elemen pertama hingga data elemen terkahir.
Algoritma Searching Menggunakan Java

Misalkan saja saya mempunyai data dalam bentuk array dengan nama DataArray yang mempunyai Index Array sebanyak 8 buah dimana tiap index memiliki nilai angka masing masing,  yaitu 3, 6, 19, 90, 30, 20, 10, 8 dan data yang akan kita cari saya beri nama NilaiX. Misalnya saja NilaiX = 90 –> Apakah ada dalam DataArray dan berada pada Index Array yang keberapa ?
Program Searching

import java.io.*;
public class Searching{
public static void main(String[] args) throws Exception{


BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
int DataArray [] = {3, 6, 19, 90, 30, 20, 10, 8};
int x, NilaiX;
boolean Ketemu;

//Menampilkan nilai data array
System.out.println("\nData Array :");
for (x=0; x<=DataArray.length-1; x++){
System.out.print(DataArray[x]+" ");
}
System.out.println("\n");

//Masukan data yang ingin dicari
System.out.print("Masukan angka yang ingin dicari : ");
String Input = br.readLine();
NilaiX = Integer.parseInt(Input);

Ketemu = false;
for (x=0; x<=DataArray.length-1; x++){
if (DataArray[x] == NilaiX){
Ketemu = true;
break;
}
}
if (Ketemu == true){
System.out.println("Angka "+NilaiX+" ditemukan pada Index Array ke-"+(x+1)+" ~ !!\n");
}else{
System.out.println("Angka tidak ditemukan ~ !!\n");
}
}
}

Hasil Outputan :

Penjelasan : Dalam program ini pengecekan dilakukan dengan menggunakan looping sebanyak panjang array, dimana setiap index dalam array akan dicek dari Index Array yang pertama hingga Index Array yang terakhir. Jika angka yang dicari ketemu maka system akan mengoutputkan pesan bahwa angka telah ditemukan pada Index Array ke-x.

Program Countdown Menggunakan Thread Pada Java


public class CountDown implements Runnable{

private static int startCount = 11;
private int countDown = --startCount;
private static int threadCount = 0;
private int threadNumber = ++threadCount;

public void run() {
System.out.println("Waktu tinggal "+countDown+" detik ( Thread nomer : "+threadNumber+" )");

if (countDown == 1) {
System.out.println("\nWaktu Habis ~ !!");
}
}

private static void doThreadCountdown() throws java.lang.InterruptedException{
for (int i = 0; i < 10; i++){
Thread.sleep(1000);
Runnable ot = new CountDown();
Thread th = new Thread(ot);
th.start();
}
}

public static void main(String[] args) throws java.lang.InterruptedException{
System.out.println("\nMenghitung mundur dalam 10 detik ...\n");
doThreadCountdown();
}
}

Hasil Outputan :

Penjelasan : Pada program ini menghasilkan 10 buah thread dengan menggunakan looping sebanyak 10 kali dan setiap thread yang tercipta dimanfaatkan untuk melakukan hitung mundur/countdown.

Membuat Form Login Menggunakan CSS3

Sekilas Tentang CSS :
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.
Membuat Form Login Menggunakan CSS3 :
1. Buatlah Form Login dengan menggunakan HTML.






2. Setelah itu mari kita mulai menghias Form Login di atas dengan menggunakan CSS3 pada bagian ,
body{
background: #4E0085;
}

label {
font-size: 12px;
font-family: arial, sans-serif;
list-style-type: none;
color: #FFFFF;
text-shadow: #000 1px 1px;
margin-bottom: 5px;
font-weight: bold;
letter-spacing: 1px;
text-transform: uppercase;
display: block;
}

form {
width: 201px;
padding: 20px;
margin:150px auto;
border: 2px solid #FFFFFF;

/*** Membuat tepi menjadi rounded ***/
-moz-border-radius: 20px;
-webkit-border-radius: 20px;

/*** Membuat bayangan di belakang box ***/
-moz-box-shadow:0px -5px 300px #FFFFFF;
-webkit-box-shadow:0px -5px 300px #FFFFFF;

/*** Membuat Warna Gradient Pada Background - 2 Deklarasi : 1.Firefox 2.Webkit(Chrome dan Safari) ***/
background: -moz-linear-gradient(19% 75% 90deg,#4E0085, #963AD6);
background: -webkit-gradient(linear, 0% 0%, 0% 100%, from(#963AD6), to(#4E0085));
}

3. Lalu kita akan menghias bagian dengan menggunakan CSS3.


input {
width: 200px;
padding: 6px;
margin-bottom: 10px;
border-top: 1px solid #ad64e0;
border-left: 0px;
border-right: 0px;
border-bottom: 0px;
background: #8a33c6;

/*** Transition Selectors - Bagian apa yang akan beranimasi dan berapa lama ***/
-webkit-transition-property: -webkit-box-shadow, background;
-webkit-transition-duration: 0.25s;

/*** Menambahkan bayangan ***/
-moz-box-shadow: 0px 0px 2px #000;
-webkit-box-shadow: 0px 0px 2px #000;
}

input:hover {
-webkit-box-shadow: 0px 0px 4px #000;
background: #9d39e1;
}

4. Langkah terakhir adalah menghias bagian Tombol Submit dengan menggunakan CSS3.


input.submit {
width: 100px;
color: #fff;
text-transform: uppercase;
text-shadow: #000 1px 1px;
border-top: 1px solid #ad64e0;
margin-top: 10px;

/*** Menambah CSS3 Gradients ***/
background: -webkit-gradient(linear, 0% 0%, 0% 100%, from(#963AD6), to(#781bb9));
background: -moz-linear-gradient(19% 75% 90deg,#4E0085, #963AD6);
}

input.submit:hover {
-webkit-box-shadow: 0px 0px 2px #000;
background: -webkit-gradient(linear, 0% 0%, 0% 100%, from(#963AD6), to(#781bb9));
background: -moz-linear-gradient(19% 75% 90deg,#781bb9, #963AD6);
}

input.submit:active {
background: -webkit-gradient(linear, 0% 0%, 0% 100%, from(#781bb9), to(#963AD6));
background: -moz-linear-gradient(19% 75% 90deg,#963AD6, #781bb9);
}

NB : Untuk me-link HTML dengan CSS extrenal silahkan paste kode berikut ini diantara di HTML anda :

Konfigurasi VPN di Ubuntu

Sekilas tentang VPN :
VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat “private” dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet. VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point. Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan.
Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut “tunneling”.
Anda dapat mengakses server kantor melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan “dedicated,” padahal tidak demikian kenyataannya.
Setting Koneksi VPN Pada Ubuntu 9.10
Untuk melakukan koneksi VPN pada Ubuntu 9.10 ikuti langkah-langkah berikut ini :
Contoh Kasus :
- VPN Gateway : 10.14.203.5
- Nama VPN : IT Telkom ( Pemberian nama koneksi bebas, terserah pada anda )
1. Lakukanlah penginstalan pptp-linux dengan cara :
- Menggunakan Terminal : Bukalah terminal ( Application -> Accessories -> Terminal ) dan ketikan : sudo apt-get install pptp-linux
- Menggunakan Ubuntu Software Center : Bukalah Ubuntu Software Center ( Application -> Ubuntu Software Center ) lalu ketikan pptp pada search box yang ada pada sudut kanan atas dan klik panahnya unutk memulai mendownload.
2. Setelah pptp terinstall sekarang pastikanlah anda sudah terhubung pada jaringan wireless
3. Jika anda sudah terhubung pada wireless lakukanlah penyetingan VPN dengan cara membuka Network Connections ( System -> Preferences -> Network Connections )
4. Ketika Network Connections sudah terbuka, pada tab VPN klik tombol Add
5. Lalu masukanlah Nama Koneksi, Gateway, Username, dan Password lalu tekan Apply
6. Konfigurasi VPN pun sudah anda buat, sekarang anda tinggal melakukan koneksi VPN dengan cara :
- Klik Icon Sinyal yang ada pada Tray, maka dropdown menu akan muncul.
- Lalu arahkan mouse cursor anda pada VPN Connections dan klik lah nama koneksi VPN yang baru saja anda buat tadi, kali ini nama koneksi VPN yang saya buat adalah IT Telkom.
- Jika anda berhasil melakukan koneksi maka pada Icon signal anda akan ada keterangan VPN Connection IT Telkom Active.
Selamat Mencoba ^_^ ~ !!

Thursday, November 29, 2012

PENGERTIAN KOMPUTER DAN PERANGKATNYA

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti komputer adalah yang memproses informasi atau sistem pengolah informasi.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer maksud umum dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari maksud umum bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai mikrokontroler atau komputer benam (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer Pribadi
Akhirnya, banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lain memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjuk kepada komputer pribadi (PC).
Bagaimana Komputer Bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, bus
Memori
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti sel atau lubang burung dara), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan kerja yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas tidak adalah perintah kaya bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456, menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013, dan jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor kode untuk menyalin mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, programmer. Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain. Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Kata Komputer
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang agak berbeda pada kata komputer, dan beberapa kata berbeda untuk hal kami sekarang biasanya disebut komputer.
Misalnya computer secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin membantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi orang yang menghitung dan lalu menjelang 1897 juga untuk alat hitung mekanis. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan jalan artileri perang besar dengan mesin seperti itu.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin menghitung pertama disebut Mesin Analitikal, tetapi karena masalah teknologi tidak dibuat seumur hidupnya. Berbagai alat mesin yang sederhana seperti slide rule baik juga sudah menyebut komputer. Di beberapa kasus mereka diserahkan ke sebagai komputer analog, sewaktu mereka melambangkan nomor oleh continuous kuantitas-kuantitas fisik daripada di samping digit biner yang berlainan. Apa sekarang menyebut komputer saja secara umum pernah menyebut komputer digital untuk membedakan mereka dari alat lain ini (yang masih dipakai di bidang analog pengolahan tanda, misalnya).
In yang memikirkan kata lain untuk komputer, itu ialah harga mengamati bahwa di bahasa lain kata yang dipilih selalu tidak mempunyai arti harfiah sama sebagai kata Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Perancis misalnya, kata ialah ordinateur, yang berarti kira-kira organisator, atau memisahkan mesin. Pada bahasa Spanyol digunakan kata ordenador, dengan arti sama, walaupun di beberapa negara mereka menggunakan anglicism computadora. Dalam Bahasa Italia, komputer ialah calcolatore, kalkulator, menekankannya computational menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran. Dalam Bahasa Swedia, komputer dipanggil dator dari data. Atau paling tidak pada tahun 1950-an, mereka disebut matematikmaskin (mesin matematika). Dalam Bahasa Tionghoa, komputer dipanggil dien nau atau suatu otak listrik. Dalam Bahasa Inggris, kata lain dan frase sudah bekas, seperti mesin pengolahan data.
Bagian-bagian Komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar : Software/perangkat lunak dan hardware/perangkat keras.
Hardware
* Prosesor, atau CPU unit yang mengolah data
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.
Software
* Sistem operasi : Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software.
* Program komputer, aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer

* ISA / PCI : Slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
* AGP / PCIe : Slot untuk masukan kartu tambahan grafis
* IDE / SCSI / SATA : Slot untuk harddrive/ODD
* USB : Slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

SETTING ACCESS LIST MENGGUNAKAN PACKET TRACER

Dalam tutuorial kali ini akan dijelaskan mengenai setting access list pada cisco router menggunakan packet tracer
Dalam tutorial ini kita menggunakan satu router,switch,server dan tiga client untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini



Disini kita akan membuat rule bahwa untuk client dengan nama pc1 dan pc3 dapat melakukan koneksi dengan server tetapi untuk client dengan nama pc2 dilarang untuk melakukan koneksi degan server. dengan adanya masalah diatas dapat disolusiakan dengan menggunakan access-list.
Berikut detail dari konfigurasi komputer client dan cisco router

Konfigurasi pc1


Ethernet adapter Local Area Connection:
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.2
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1

Konfigurasi pc2

Ethernet adapter Local Area Connection:
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.3
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1

Konfigurasi pc3

Ethernet adapter Local Area Connection:
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.4
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
Konfigurasi server

Ethernet adapter Local Area Connection:
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.2.1
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.2.254

Konfigurasi cisco router
Router>
Router>enable
Router#configure terminal
Router(config)#interface ethernet0
Router(config-if)#ip address 192.168.1.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#interface ethernet1
Router(config-if)#ip address 192.168.2.254 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#^Z (Ctrl+z)
Router#ping 192.168.1.1
Type escape sequence to abort.
Sending 5, 100-byte ICMP Echos to 192.168.1.1, timeout is 2 seconds:
!!!!!
Success rate is 100 percent (5/5), round-trip min/avg/max = 1/2/4 ms
Router#ping 192.168.2.254
Type escape sequence to abort.
Sending 5, 100-byte ICMP Echos to 192.168.2.254, timeout is 2 seconds:
!!!!!
Success rate is 100 percent (5/5), round-trip min/avg/max = 1/2/4 ms


Konfigurasi ACL
Router#configure terminal
Router(config)#interface fastethernet 0/0
Router(config-if)#ip access-group 1 in
Router(config-if)#exit
Router(config)#access-list 1 deny 192.168.1.3 255.255.255.0
Router(config)#access-list 1 permit any
Router(config)#exit
Router#show access-list
Standard IP access list 1
deny 0.0.0.3 255.255.255.0 (2 match(es))
permit any (8 match(es))

untuk mengembalikan access seperti sebelumnya :
Router#no access-list 1



Hasil uji coba
dari pc1
Router#ping 192.168.2.1
Pinging 192.168.2.1 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Ping statistics for 192.168.2.1: Packets: Sent = 5, Received = 5, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 50ms, Maximum = 60ms, Average = 55ms

dari pc2
Router#ping 192.168.2.1
Pinging 192.168.2.1 with 32 bytes of data:
Request timed out.
Request timed out.
Request timed out.
Request timed out.
Request timed out.
Ping statistics for 192.168.2.1:
Packets: Sent = 5, Received = 0, Lost = 5 (100% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms

dari pc3
Router#ping 192.168.2.1
Pinging 192.168.2.1 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Reply from 192.168.2.1: bytes=32 time=60ms TTL=241
Ping statistics for 192.168.2.1: Packets: Sent = 5, Received = 5, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 50ms, Maximum = 60ms, Average = 55ms


Selamat mencoba sobat

Hak Paten Nokia Atas Blackberry

Nokia gembira
mengumumkan kemenangan
melawan Research In Motion (RIM)
dalam sengketa hak paten. Diklaim
Nokia, pembesut BlackBerry tersebut
melanggar patennya yang berhubungan dengan teknologi
wireless local access network (WLAN). Seorang hakim juri mendukung
Nokia. Juri tersebut seperti dikatakan
perusahaan asal Finlandia ini
menemukan bukti bahwa RIM telah
melanggar kontrak. RIM dengan
demikian tidak berhak memproduksi atau menjual produk WLAN tanpa
adanya kesepakatan royalti. Dilansir Reuters, Rabu (28/11/2012),
Nokia yang tengah berupaya
menggali sumber pendapatan lain
dari pemasukan royalti,
mendaftarkan kasus sengketa hak
paten ini di pengadilan Amerikat Serikat, Inggris dan Kanada. Ini
dilakukan untuk memperkuat hasil
putusan pengadilan. “Ini akan berdampak pada sisi
finansial yang signifikan. Semua
perangkat BlackBerry mendukung
WLAN, meski volumenya kecil di
negara-negara ini,” demikian
pendapat analis dari IDC Francisco Jeronimo. Menurut Nokia, pihaknya dan RIM
menandatangani perjanjian lisensi
silang pada 2003. Perjanjian ini
meliputi standar paten seluler.
Selanjutnya kesepakatan ini diubah
pada 2008. RIM mencari arbitrasi di 2011. Mereka berargumen bahwa
lisensi harus diperluas mencakup
paten WLAN. Nokia bersama Ericsson dan
Qualcomm, memimpin sebagai para
pemegang paten terkemuka di
industri wireless. Bagi Nokia sendiri,
royalti paten menghasilkan
pendapatan tahunan sekitar USD 646 juta. Sementara itu, RIM belum
memberikan komentarnya terkait
dengan laporan ini.

Cara Menginstall Mandriva Linux 2010

Sebelum kita mulai menginstal mandriva linux ada baiknya kita mengetahui spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar kita dapat nyaman menggunakan Linux Mandriva, spesifikasi minimal tersebut yaitu :

  1. Processor: Intel®, AMD atau VIA processor.
  2. RAM: minimum 512MB, direkomendasikan 1GB .
  3. Hard disk: minimum 2GB, direkomendasikan 6GB.
  4. Graphics card: NVIDIA®, ATITM, Intel®, SiS, Matrox,VIA. 3D untuk desktop dibutuhkan NVIDIA GeForce (≥ 8800), ATITM Radeon 7000 hingga HD 3870, atau Intel® i845 hingga x4500HD.
  5. 3D acceleration.
  6. Sound cards: Semua Sound Blaster, AC97 dan HDA compatible cards. Catatan : Creative Labs X-Fi cards sekarang tidak dapat digunakan.
  7. DVD drive (dibutuhkan).
  8. SATA, IDE, SCSI, SAS: hampir semua controllers didukung pada mode non-RAID, dan beberapa pada mode RAID.
Untuk dapat menjalankan CD mandriva linux, Pertama kita harus mengatur Boot pada BIOS dengan Boot From CD sebagai booting pertama.
Kemudian masukkan CD Mandriva Linux dan restart.
Tunggu beberapa saat hingga muncul boot prompt.
Pada saat boot prompt, pilih Boot Mandriva Linux 2010 Spring dengan menekan tombol enter :
clip_image001Booting Mandriva 2010.1 Spring
System kemudian akan memuat Live CD Mandriva dimana kita akan bisa menginstall Mandriva ini kedalam hardisk. Namun, sebelum kita dapat melihat tampilan desktop ada beberapa pertanyaan atau opsi seperti gambar dibawah ini adalah langkah pertama yaitu memilih bahasa sistem yang akan digunakan. Untuk link download diatas /image asia afrika telah mendukung Bahasa Indonesia.
clip_image002
Pemilihan Bahasa System
Kemudian klik accep / terima untuk menerima Lisensi Mandriva
clip_image003
Lisensi Mandriva
Kemudian Pilih Time Zone
clip_image004
Time Zone
Pilih Waktu yang tepat sesuai waktu saat kita install Mandriva ini. Atau dibawah menu Advanced, kita dapat memilih untuk mengaktifkan enable Automatic time synchronization (using NTP):
clip_image005
Pemilihan waktu
Pilih layout keyboard, biasanya kita sudah diberikan pilihan yang telah sesuai dengan keyboard yang kita gunakan…
clip_image006
Layout Keyboard
Akhirnya Mandriva One 2010.1 Live Desktop akan tampil. Untuk menginstall Mandriva 2010.1 Spring gnome ke harddisk, klik ikon Install on Hard Disk. Maka penaduan penginstalan Mandrivapun dimulai. Klik Next:
clip_image007
Live Install
Scema partisi Mandriva akan memandu kita dalam memilih partisi hardisk. Untuk menggunakan semua hardisk, atau menggunakan hardsik yang masih kosong, pilihan Use free spase dapat kita gunakan. Namun apabila ingin merubah partisi secara manual pilihlah Custom disk partitioning. Setelah itu klik Next dan hardisk pun akan di format…
clip_image008
Skema Partisi
Klik Next untuk menghilangkan hardware dan bahasa yang tidak digunakan di sistem kita.
clip_image009
Hardware & Bahasa yang tidak terpakai
Kemudian proses instalasi Mandriva 2010.1 Spring gnome ke harddiskpun akan diproses.
clip_image010
Proses Pemasangan Mandriva 2010.1
Ketika proses pemasangan Mandriva selesai, akan muncul configurasi boot loader. Untuk instalasi boot loader, kita bisa memilih yang default saja yaitu master boot record pada harddisk. Sedangkan untuk delay waktu booting, jika kita hanya menggunakan satu sistem operasi saja, ada baiknya waktu loading dapat dipersingkat misalnya 3 detik. Sedangkan apabila kita mempunyai 2 sistem termasuk Mandriva 2010.1, waktunya dapat disesuaikan sehingga ketika boot prom kita ada waktu untuk memilih sistem yang akan digunakan. Lalu klik Next
clip_image011
Waktu Boot
Langkah selanjutnya memilih menu sistem untuk di tampilkan pada saat booting.
clip_image012
Sistem boot
Proses instalasi boot loader akan dilakukan, klik finish.
clip_image013Penyelesaian Instalasi
Klik System – Shutdown…
clip_image014
Shutdown
Klik kembali Shutdown… kemudian system Mandriva pun akan dimatikan. Setelah beberapa saat CD/DVDrom yang berisi CD mandriva one 2010.1 akan terbuka, dan kita bisa mengeluarkan CD mandriva tersebut, kemudian menekan sembarang tombol di Keyboar.
clip_image015
Proses Shutdown
Hidupkan kembali komputer.
clip_image016
Boot ulang
Apabila saat itu komputer kita terhubung ke internet, maka secara otomatis Mandriva akan medownload beberpa list dan configurasi update.
clip_image017
Download Update
Kemudian akan muncul konfigurasi password untuk sistem Mandriva yang baru kita pasang. Dalam Mandriva dan semua sistem GNU/Linux pada umumnya, terdapat 2 jenis akun yang berbeda. Yaitu akun root (administrator) yang bisa mengakses dan merubah sistem secara keseluruhan. Dan akun user yang hanya bisa memakai aplikasi yang telah dipasang oleh akun root.
Isikan password dan nama usernya.
clip_image018
Akun dan Password
Setelah itu akan muncul screen Drak First Time, dimana kita bisa mendaftarkan diri sehingga tercatat di Mandriva Comunity. Klik Next.
clip_image019
Drak First Time
Isikan data-data yang ada pada layar. Kemudian klik Next.
clip_image020
Registrasi Mandriva Community
Setelah proses registrasi berhasil, kita dapat menutup layar Mandriva first time. Klik Close.
clip_image021
Selesai Proses
Dan selamat!!!. Mandriva 2010.1 Spring Gnome telah selesai terinstall. Anda sudah dapat menggunakan komputer untuk pekerjaan sehari-hari. Pada Sesi berikutnya, saya akan mencoba sharing mengenai configurasi dan instalasi paket program yang tersedia di internet. Sehingga program-program dan codec multimedia dapat diinstallkan di System Mandriva yang baru saja kita pasang ke harddisk.

Cara Menginstall Linux Redhat 9

1. Booting dari CD atau DVD

2. Tekan enter
3. Pilih Skip
4. Tekan enter
5. Klik next
6. Pilih bahasa yang agan inginkan
7. Klik next
8. Pilih U.S. English
9. Klik next
10. Pilih Wheel Mouse (PS/2)
11. Klik next
12. Karena saya menggunakan komputer saya sendiri jadi saya memilih Personal DesktopWorkstation untuk perusahaan. Server untuk komputer yang digunakan hanya sebagai server saja. Custom untuk memilih secara manual
13. Klik next
14. Agar cepat dalam menginstall redhat 9 sebaiknya agan memilih yang paling atas yaituAutomatically Partition
15. Jika komputer masih ada data, misal: sudah ada windowsnya. Maka muncul pesanWarning
16. Klik Yes
17. Pilih Remove all Linux Partition on this system
18. Klik next
19. Klik Yes
20. Klik next
21. Pilih automatically via DHCP
22. Klik next
23. Pilih Use default firewall rules
24. Klik next
25. Klik next
26. Pilih dimana lokasi agan sekarang
27. Isi Root password sesuai keinginan agan
28. Isi Confirm dengan password yang sudah agan isi sebelumnya
29. Pilih Accept the current package list
30. Klik next
31. Klik next
32. Tunggu proses kira-kira kurang lebih 7 menit
33. Masukkan CD kedua
34. Klik OK
35. Tunggu beberapa saat
36. Masukkan CD ketiga
37. Klik OK
38. Tunggu beberapa saat
39. Pilih No, I do not want to create a boot diskette
40. Klik next
41. Pilih VESA driver (generic)
42. Klik next
43. Pilih Unprobed Monitor
44. Klik next
45. Screen Resolution bisa agan pilih sesuai dengan ukuran layar monitor agan
46. Klik next
47. Klik Exit untuk restart system dan komputer sekaligus untuk menyelesaikan instalasi redhat 9
48. Tekan enter atau biarkan saja dalam waktu 10 detik agan akan langsung masuk
49. Klik forward
50. Isi Username sesuai keinginan agan, misal saya memakai nama bkj. Isi Full namesesuai keinginan agan, sama juga tidak masalah. Isi Password sesuai keinginan agan atau sama dengan password yang awal tadi waktu menginstall redhat 9, samakanConfirm password dengan password yang sudah agan isi sebelumnya
51. Klik forward
52. Atur Date and Time sesuai dengan tanggal dan waktu yang ada di tempat agan
53. Klik forward
54. Klik forward
55. Pilih No, I do not want to register my system, karena agan bisa mengkonfigurasinya setelah agan sudah masuk ke tampilan redhat 9
56. Klik forward
57. Klik forward
58. Masukkan Username yang sudah agan isi tadi
59. Tekan enter
60. Masukkan Password yang sudah agan isi tadi
61. Tekan enter
62. Inilah tampilan Linux Redhat 9.
http://goo.gl/BGVrJP

MY Motto

My photo
giving amenity to all visitor.

Total Pageviews